Minggu, 05 Juni 2011

Gempa Bumi

Gempa bumi, terutama gerakan tanah yang  kuat adalah contoh dari pembebanan siklik yang tidak beraturan yang meliputi sebuah cakupan  yang utuh dari karakteristik dan regangan geser serta karakteristik perilaku tanah dalam region. Konsekwensi pada tanah deposit seperti liquifaksi dan kegagalan lereng, atau penurunan yang besar dalam kaitan dengan lahan densification, dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal  pada bangunan didaerah itu. Dengan begitu, didaerah seismic, kebutuhan akan analisis yang rasional dan perkiraan-perkiraan objektif  yang memiliki resiko  harta dan kehidupan bukan hanya kebutuhan akademis.  
Proses gempa tektonik secara diagramatis terlihat pada Gambar



Pertemuan dua lempengan mengalami subduksi yang menyebakan terjadinya gempa tektonik 

Empat golongan kerusakan utama akibat gempa 
1. Ground shaking – Ini adalah gerakan tanah akibat gempa yang merupakan unsur utama penyebab keruntuhan struktur 
2. Liquefaction – Kehilangan  strength pada pasir yang jenuh air akibat pembebanan siklik. Kondisi ini menyebabkan penurunan dan pergerakan lateral dari pondasi. Yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi lokasi yang berpotensi  liquefaction  dengan menghindari pembangunan diatasnya, atau cara lain membuat fondasi dalam sehingga terhindar dari liquefaction
3. Bidang patahan (fault rupture) – Ini pergerakan patahan akibat gempa. Pergerakan dapat vertikal maupun horizontal. 
4. Landslide – Sering kali terjadi sebagai akibat dari terjadinya gempa. Perlu dihindari pembangunan diatas lereng atau dikaki dari lereng.  

Tidak ada komentar: